fbpx
Dewi Lestari

Dewi Lestari

Nama lengkap Dee Lestari adalah Dewi Lestari, sebelum terkenal menjadi penulis, Dee adalah seorang penyanyi, ia tercatat sebagai salah satu personil dari trio vokal Rida Sita Dewi (RSD).

Dee mengawali karier musiknya sebagai penyanyi latar Iwa K bersama Sita (yang kelak menjadi teman grupnya di Rida Sita Dewi).

Selama dua tahun menjadi penyanyi latar, Dee pernah bekerja sama dengan banyak penyanyi dan grup papan atas Indonesia, antara lain Java Jive, Emerald, Padhyangan Project, Project Pop, Harvey Malaiholo, dan Chrisye.

Dee Lestari, lahir di Bandung 20 Januari 1976 dari pasangan Yohan Simangunsong dan Tiurlan Siagian. Dee adalah anak keempat dari lima bersaudara.

Tiga saudara perempuannya juga aktif di bidang seni. Kakak perempuannya, Key Mangunsong, adalah seorang sutradara dan penulis skenario.

Kakak perempuan keduanya, Imelda Rosalin adalah seorang pianis dan penyanyi jazz. Adik perempuannya, Arina Ephipania, adalah seorang penyanyi dan merupakan vokalis band Mocca.

Dee Lestari diketahui adalah alumnus SMAN 2 Bandung, ia kemudian melanjutkan sekolahnya di FISIP Universitas Parahyangan Bandung jurusan Hubungan Internasional. pada tahun 1998 Dee lulus dengan gelar Sarjana Ilmu Politik.

Pada tahun 2003, Dee menikah dengan penyanyi Marcell Siahaan dan dikaruniai seorang putra bernama Keenan Avalokita Kirana.

Setelah lima tahun menikah, pasangan tersebut akhirnya berpisah. Dee kemudian menikah lagi dengan Reza Gunawan, seorang praktisi kesehatan holistik. Dari pernikahan keduanya Dee dikaruniai seorang putri bernama Atisha Prajna Tiara.

Dee Lestari mulai di kenal sebagai novelis saat buku Supernova yang ditulisnya populer pada tahun 2001, Novel Supernova sendiri terdiri dari 6 seri, seri terakhirnya yang berjudul Intelegensi Embun pagi Rillis pada tahun 2016.

Selain Supernova, Dee juga merupakan pengarang dari Novel populer yang diangkat menjadi Film yang berjudul “Perahu Kertas” dan “Rectoverso”, “Supernova” juga di angkat kedalama sebuah Film.

Karya

Novel Supernova: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh– Truedee Books, 2001
Novel Supernova: Akar – Truedee Books, 2002
Novel Supernova: Petir – Truedee Books & Akoer, 2004
Filosofi Kopi – Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade – Truedee Books & Gagas Media, 2006
Novel Rectoverso – Goodfaith Production, 2008
Novel Perahu Kertas – Bentang Pustaka, 2009
Novel Madre – Bentang Pustaka, 2011
Novel Supernova: Partikel – Bentang Pustaka, 2012
Novel Supernova: Gelombang – Bentang Pustaka, 2014
Novel Supernova: Intelegensi Embun Pagi – Bentang Pustaka, 2016

Diskografi

Rida, Sita, Dewi (RSD): Antara Kita – Warna Musik, Indonesia, 1995
Rida, Sita, Dewi (RSD): Bertiga – Warna Musik, Indonesia, 1997
Rida, Sita, Dewi (RSD): Satu – Sony Music, Indonesia, 1999
Rida, Sita, Dewi (RSD): The Best of RSD – Sony Music, Indonesia, 2002
Dewi Lestari: Out of Shell – Truedee Music, Indonesia, 2006
Dewi Lestari: Rectoverso – Goodfaith Production, 2008
OST Perahu Kertas, Trinity Optima, 2012
OST Rectoverso, Keana Production, 2012
Single Dongeng Secangkir Kopi (OST Filosofi Kopi), Trinity Optima, 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published.