fbpx
DKJFEST 2018

DKJFEST 2018

Jelang akhir tahun 2018, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) mempersembahkan rangkaian program kesenian yang diselenggarakan dalam naungan DKJ FEST 2018. Festival seni ini merupakan hasil gabungan kerja seluruh program komite DKJ yang terdiri dari Komite Film, Komite Musik, Komite Sastra, Komite Seni Rupa, Komite Tari,dan Komite Teater.

“Festival ini tetap orientasi pada pengawalan kualitas kesenian di Indonesia, khususnya di Jakarta. Hal ini menjadi bagian dari peningkatan kualitas peradaban kita. Oleh karenanya program-program yang sudah kami rancang untuk akhir tahun disatukan menjadi DKJ FEST 2018 sebagai sebuah pendekatan baru dalam mengelola program-program yang berkualitas”

Sebagai awalan, mulai 22 Oktober, akan berlangsung program IMAJITARI lnternational Dance Film Festival yang diselenggarakan atas kerja sama Komite Tari DKJ dengan Badan Ekonomi Kreatif, FFTV IKJ, dan Goethe-lnstitut Indonesien. Program itu akan ditutup dengan puncak acara, Awarding Night, pada 25 Oktober di Gedung Kesenian Jakarta.

Mulai 22 Oktober pula, program Djakarta Teater Platform yang dirancang oleh kolaborasi Komite Teater dengan British Council Indonesia dan Fakultas Film & Televisi IKJ akan berlangsung di Studio Tom, FFTV IKJ.
Memasuki November, program tahunan dari Komite Musik DKJ yang tahun ini bermitra dengan Komunitas Salihara, yaitu Pekan Komponis Indonesia, akan diselenggarakan selama tiga hari. Pekan Komponis Indonesia menyuguhkan rangkaian workshop, diskusi, dan konser dari para komponis yang telah terpilih.

Masih dari Komite Musik, konser orkestra Jakarta City Philharmonic edisi #18 akan kembali hadir sebagai penutup konser JCP di sepanjang 2018 ini. Tepat satu hari setelahnya, akan dilanjutkan dengan program Lintas Komite, yang merupakan program tahunan dalam menyambut ulang tahun Taman Ismail Marzuki, yaitu Pidato Kebudayaan. Tahun ini, DKJ mengundang seorang dosen filsafat Saras Dewi untuk menyampaikan pidatonya terkait isu kebudayaan terkini.

Belum berakhir sampai di sana, pada medio November, DKJ FEST akan mempersembahkan program tahunan Festival Teater Jakarta (FTJ) yang memasuki tahun ke-46. Selama FTJ berlangsung, akan hadir pula Pameran Lukisan Koleksi DKJ yang dihelat selama 20—30 November 2018 di TIM. Rangkaian DKJ FEST 2018 akan ditutup dengan Malam Anugerah Sayembara Novel DKJ yang dijadwalkan pada 4 Desember 2018 di Teater Kecil, TIM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.