HOME

Event

Serunya Berbagi Dongeng Melalui Media Digital

Jul , 2

Sejak awal Juni lalu, Kultural.id telah menginisiasi kegiatan bertajuk Digital Folklore Festival 2020. Bekerja sama dengan berbagai pihak, acara ini digelar untuk merayakan dongeng-dongeng dan cerita rakyat Nusantara yang jumlahnya ada ribuan. Gelaran ini merupakan sebuah kegiatan interaktif yang memanfaatkan media digital dengan akun instagram Kultural.Indonesia sebagai panggung utama.

Salah satu bagian dari kegiatan ini adalah Kompetisi Mendongeng yang digelar di media sosial Instagram dengan menggunakan tagar #BerbagiDongeng. Segmen #BerbagiDongeng diramaikan oleh peserta yang berasal dari berbagai tempat dan komunitas.

Digital Folklore Festival 2020 persembahan Kultural.id

Dalam segmen ini, peserta membuat kreasi video mendongeng dan megunggahnya di akun instagram masing-masing. Sejauh ini, #BerbagiDongeng telah menyaring setidaknya lima video mendongeng terpilih mingguan yang selanjutnya akan dipilih sebagai karya-karya terbaik di penghujung gelaran Digital Folklore Festival 2020.

Tidak hanya #BerbagiDongeng, dalam Digital Folklore Festival 2020 juga terdapat persembahan menarik lainnya seperti serial pembacaan dramatisasi dongeng Bias karya sutradara dan penulis skenario Titien Wattimena.

Dongeng Bias merupakan sebuah karya baru yang diciptakan oleh Titien berkolaborasi bersama musisi Tohpati. Aktor dan aktris membacakan penggalan-penggalan dongeng dalam bentuk puisi lirik yang terangkai menjadi sebuah cerita yang utuh.

Atiqah Hasiholan & Rio Dewanto, Baim Wong, Cut Mini, Dian Sastrowardoyo, Lukman Sardi, Reza Rahadian, Shelomita, Tora Sudiro, dan Wulan Guritno terlibat dalam serial pembacaan dramatisasi dongeng ini.

Tidak hanya itu, Digital Folklore Festival 2020 yang akan berlangsung hingga beberapa waktu ke depan ini masih memiliki persembahan lain yang tidak kalah menarik. Akan ada pagelaran Musikal Dongeng Indonesia, diskusi interaktif membahas dongeng dan seni pertunjukan, serta kegiatan-kegiatan lain.

 

 

 

Bagikan Artikel ini

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *