fbpx
Bogor Art Festival 2019

Bogor Art Festival 2019

Bogor Art Festival

Kebudayaan merupakan sebuah kebiasaan atau perilaku yang mengandung nilai-nilai penting serta fundamental dalam segala aspek kehidupan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Warisan tersebut harus dijaga dan dilestarikan keberadaannya agar tidak luntur atau hilang sehingga dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya.

Perubahan peradaban manusia berlangsung sangat cepat dari abad ke abad. Indonesia sebagai negara dengan kebudayaan yang beragam menjadi salah satu bagian dari perubahan tersebut. Perubahan yang terjadi tidak selalu membawa dampak positif bagi kebudayaan, namun terkadang juga membawa dampak negatif. Kebudayaan lokal sebagai jati diri Indonesia terancam tergeser dan tergantikan oleh kebudayaan asing.

BEM Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor sangat menyadari degradasi nilai budaya tersebut. Oleh karena itu pada tahun 2011 diadakanlah sebuah acara bertajuk seni dan budaya Indonesia khususnya budaya Sunda untuk menjawab keresahan degradasi budaya bangsa ini. Acara tersebut disebut bernama Bogor Art Festival (BAFEST) yang memiliki misi untuk mengajak masyarakat lebih mengenal budayanya sendiri.

Tahun 2017 ini merupakan tahun ke-7 dari Bogor Art Festival. Tahun ini BAFEST mengangkat tema: Harmoni Cinta Budaya dalam Keindahan Pesona Pasundan. Tema ini selaras dengan tujuan diadakannya BAFEST yaitu untuk meningkatkan kecintaan mahasiswa/i IPB terhadap kebudayaan yang ada di Indonesia pada umumnya dan Bogor pada khususnya.

Di umurnya yang lebih dari setengah dasawarsa ini BAFEST akan menyajikan berbagai penampilan yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, tahun ini juga terdapat rangkaian acara perlombaan yang diadakan untuk meningkatkan jiwa kompetitif pelajar Indonesia terkait seni dan budaya. Beberapa perlombaan tersebut antara lain: Kompetisi tari, paduan suara, dan fotografi dalam rangkaian National Art and Culture Competition & Photography Competition. Lomba tersebut terbuka untuk seluruh pelajar tingkat SMA se-Indonesia.

Rangkaian acara BAFEST yang berlangsung dari bulan Oktober hingga Desember akan dibuka pada hari Minggu, 8 Oktober 2017 di Jalan Jendral Sudirman Kota Bogor bertepatan dengan Car Free Day di tempat tersebut. Acara akan dibuka dengan pawai budaya yang menampilkan budaya dari Minangkabau, Bali, Lampung, Pekalongan dan Jawa Timur. Dalam acara ini turut mengundang Walikota Bogor Dr. Bima Arya Sugiarto dan berbagai seniman Sunda. Info lengkap terkait BAFEST dapat diakses di www.bogorartfestival.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.