fbpx
Dia.Lo.Gue Artspace

Dia.Lo.Gue Artspace

Berlokasi di bilangan Kemang, distrik Selatan Ibukota Jakarta, tepatnya di jalan Kemang Selatan, Kel. Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Dia.lo.gue sejatinya adalah Contemporary Art Center yang menyedikan open space untuk pameran seni/sastra/budaya, kelas diskusi atau kuliah, souvenir shop and cafe untuk pelaku seni, pecinta, penikmat seni dan pengunjung.

 

Festival Cergam “Komik Itu Baik”

Ketika kami berkunjung sedang berlangsung hari terakhir Festival Cergam bertajuk “Komik Itu Baik”, ambience Dia.lo.gue dipenuhi oleh poster, pamflet dan wallpaper dekorasi bertemakan Komik Indonesia. Pameran  yang dipersembahkan untuk mendiang Arswendo Atmowiloto ini berlangsung dari tanggal 28 September – 20 Oktober 2019. Pameran berbasis arsip ini menggambarkan periodeisasi komik Indonesia dari mulai era pelopor tahun 1925 – 1953 hingga era digital.

Dia.Lo.Gue dalam balutan dekorasi Festival Cergam “Komik Itu Baik”/Lutfi Dananjaya

 

Arsitektur Bergaya Tropis Modern dengan Ambience yang Artsy

Dia.Lo.Gue didirikan pada bulan Desember 2010 oleh Hermawan Tanzil. Semenjak itu hingga hari ini Dia.Lo.Gue menjadi ruang bagi pelaku seni dan pecinta seni untuk saling bertemu, berkomunikasi dan berdialog. Melahirkan ide-ide baru untuk perkembangan dunia seni di Indonesia.

Ambience Tropis Dipadankan dengan Dekorasi Bertema Komik Indonesia/Lutfi Dananjaya

 

Bangunan arsitektur Dia.Lo.Gue didesain oleh salah seorang arsitek terbaik di Indonesia, Andra Matin. Gaya tropis modern yang menawarkan kesejukan menjadi nuansa yang akan kita nikmati ketika berada di artspace ini. Tempat ini seakan menjadi oase di tengah hiruk pikuk kota Jakarta.

 

Menjadi Ruang untuk Pelaku dan Penikmat Seni

Dia.lo.gue secara berkala kerap dijadikan ruang untuk para pelaku seni menyelenggarakan pameran, setiap pameran menyoroti aspek yang berbeda dari mulai seni, desain, hingga karya komik yang hari ini kami nikmati.

Salah Satu Sudut Instagramable Dia.Lo.Gue/Lutfi Dananjaya

 

Suasana Dia.Lo.Gue berganti secara temporal sesuai dengan karya seni yang ditampilkan di ruang pameran. Kadang sudut-sudut di setiap ruang menyajikan semangat keceriaan dengan karya-karya penuh warna atau di waktu yang berbeda sudut ruang tersebut berganti melahirkan suasana yang membuat dahi mengernyit.

Sri Asih dalam Sudut-Sudut Ruang Dia.Lo.Gue/Lutfi Dananjaya

 

Berlokasi di area yang menjadi salah satu magnet berkumpulnya anak-anak muda di Selatan Jakarta, Dia.Lo.Gue bisa menarik minat generasi muda untuk lebih mengenal dunia seni. Tidak menutup kemungkinan juga terjadi dialog antar generasi di ruang ini. Sesuai dengan namanya, Dia.Lo.Gue juga menjadi ruang bagi pengunjung untuk bertukar gagasan tentang seni, sastra dan budaya bahkan memungkinan untuk bertemu langsung, berdialog dengan seniman yang sedang memamerkan karya-karyanya.

Dia.Lo.Gue Mempertemukan Lintas Generasi dalam Ruang Seni/Lutfi Dananjaya

Lutfi Dananjaya
Penulis Lepas. Alumnus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.