HOME

Event

KULTURAL.ID MEMPERSEMBAHKAN DIGITAL FOLKLORE FESTIVAL 2020

Jun , 10

Kultural.id merupakan sebuah media kolektif kreatif yang menggagas serta mewujudkan ide untuk mendorong tumbuhnya semangat dan aktualisasi berkarya.

Kami berupaya memberikan karya nyata melalui berbagai pendekatan sebagai bentuk kontribusi terhadap pelestarian dan kemajuan budaya Indonesia.

Sebagai salah satu bentuk kontribusi tersebut, Kultural.id menggelar Digital Folklore Festival 2020.

Digital Folklore Festival 2020 merupakan kegiatan interaktif dengan memanfaatkan media sosial instagram sebagai panggung yang dapat diakses secara digital oleh masyarakat luas terutama dalam masa pandemi ini.

Digital Folklore Festival 2020 digelar untuk mendorong masyarakat untuk kembali menyusuri kenangan dan pengetahuan terdahap dongeng-dongeng dan cerita rakyat nusantara.

Dilakukan melalui pendekatan yang aktif dan interaktif, modern dengan memaksimalkan fungsi digital, dan multi sensori.

Cerita rakyat dipilih karena merupakan medium penyampai pesan yang menarik. Selain itu, cerita rakyat juga merupakan aset budaya yang harus dilestarikan.

Karena itu, Digital Folklore Festival 2020 digelar dengan harapan untuk kembali menggaungkan pelestarian dan kecintaan terhadap cerita rakyat nusantara melalui pertunjukan kreatif dan interaktif dengan memanfaatkan media digital.

Digital Folklore Festival 2020 akan terdiri beberapa kegiatan, di antaranya adalah Kompetisi Mendongeng, Dramatisasi Dongeng, dan Pertunjukan Online Musikal Cerita Indonesia.

Kompetisi Mendongeng

Kompetisi Mendongeng dilakukan dari tanggal 10 Juni sampai 11 Juli 2020.

Kompetisi Mendongeng ini akan melibatkan tokoh pendongeng nasional Agus Nuramal PM TOH sebagai salah satu juri.

Adapun ketentuan Kompetisi Mendongeng antara lain adalah sebagai berikut:

– Kompetisi Mendongeng terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia yang berdomisili di seluruh Indonesia

– Peserta membuat video cerita rakyat sekreatif mungkin, dengan durasi sekurang-kurangnya satu menit

– Peserta disarankan menggunakan alat bantu seperti properti, kostum, musik, dan lain-lain

– Peserta mem-follow akun instagram Kultural.Indonesia, memposting video mendongeng di akun masing-masing dengan tag dan mention akun instagram Kultural.Indonesia disertai tagar #SemangatBerimajinasi

– Peserta dapat memposting lebih dari satu video

– Video terpilih akan diumumkan di akun instagram Kultural.Indonesia setiap hari sabtu

Hadiah:

– Tiga pemenang mingguan akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai masing-masing Rp150.000 (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah)

– Dari pemenang mingguan akan dipilih tiga video terbaik sebagai pemenang final, akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai masing-masing Rp500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah)

Dramatisasi Dongeng

Dramatisasi Dongeng merupakan rangkaian pertunjukan dari cerita yang ditulis oleh penulis skenario dan sutradara Titien Wattimena.

Sebuah dongeng yang terangkai dalam serial prosa liris ini akan dibacakan oleh aktor-aktor antara lain Atiqah Hasiholan & Rio Dewanto, Baim Wong, Cut Mini, Dian Sastrowardoyo, Lukman Sardi, Reza Rahadian, Shelomita, Tora Sudiro, dan Wulan Guritno.

Pertunjukan Dramatisasi Dongeng ini akan dilengkapi dengan komposisi musik oleh Tohpati.

Serial Dramatisasi Dongeng akan ditayangkan secara berkala di akun instagram Kultural.Indonesia pada akhir Juni dan awal Juli 2020.

 

Pertunjukan Online Musikal Cerita Indonesia

Selain Dramatisasi Dongeng karya Titien Wattimena, dalam Digital Folklore Festival 2020 juga akan dilangsungkan Pertunjukan Online Musikal Cerita Indonesia.

Dalam kegiatan ini, Kultural.id bekerjasama dengan Boow Live! yang dipimpin oleh Bayu Pontiagust sebagai produser eksekutif.

Pertunjukan Online Musikal Cerita Indonesia akan mengangkat cerita-cerita rakyat nusantara ke dalam pertunjukan digital yang terintegrasi.

Cerita-cerita yang akan ditampilkan antara lain adalah Bawang Merah dan Bawang Putih, Timun Mas, Rara Jonggrang, Malin Kundang, Sangkuriang, dan Lutung Kasarung.

Pertunjukan musikal ini akan melibatkan artis-artis performing art dan pekerja kreatif antara lain: Mia Johanes, Nikita Dompas, Zack Lee, Mea Panigoro, Titien Wattimena, Ava Victoria, Ifa Fachrir, Tanta Ginting, Kikan, Sari Majid, Fajar Nugros, Haris Pranowo, Inne Febrianti, Olive Zalianti, Netta, Bona Palma, Rama Soeprapto, Pritagita Arianegara, Adra Karim, Nia Dinata, Eki Dance Company, dan banyak lagi.

Pertunjukan Online Musikal Cerita Indonesia akan ditayangkan di platform digital mulai akhir Juni hingga bulan Juli 2020.

Pemenang Mingguan Digital Folklore Festival 2020

Asal-usul Nama Pancoran oleh Hani Violetta

Asal-usul Danau Situ Bagendit oleh Indra Sumanti

Nyi Roro Kidul oleh Arleta

Didukung Oleh Artis Ternama

Baim Wong Berimajinasi

Tora Sudiro – Yuk Ikutan Mendongeng!

Dian Sastrowardoyo – Yuk Ikutan Digital Folklore Festival 2020

Bagikan Artikel ini
  1. Eunice Nuh

    niceee……sukses yahhhh

  2. […] awal Juni lalu, Kultural.id telah menginisiasi kegiatan bertajuk Digital Folklore Festival 2020. Bekerja sama dengan berbagai pihak, acara ini digelar untuk merayakan dongeng-dongeng dan cerita […]

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *