fbpx
Menuju Puncak Gelaran Festival Musik Rumah 2020

Menuju Puncak Gelaran Festival Musik Rumah 2020

Puncak gelaran Festival Musik Rumah 2020 akan berlangsung pada 21, 22, dan 23 Agustus dan disiarkan di kanal-kanal daring Festival Musik Rumah.

Festival Musik Rumah (FMR) adalah gelaran tahunan yang diinisiasi oleh musisi Petrus Briyanto Adi (Adoy). Awalnya, Adoy bersama istrinya, Bonita, menjalankan program home concert di kediaman mereka dengan nama #LIVEatRUMAHBONITA. Program ini berlangsung bulanan sejak tahun 2015, menampilkan musisi-musisi lintas jaman dan genre yang dihadiri beragam penonton.

Tahun ini, sebagai imbas pandemi Covid-19 yang mengharuskan segala lini kehidupan untuk beradaptasi, FMR juga melakukan penyesuaian-penyesuaian.

Penyesuaian yang utama adalah dengan memindahkan ruang konser yang sedianya terjadi di rumah-rumah konser ke ruang virtual daring via media sosial. Konser-konser dari para penampil akan disiarkan di kanal-kanal media sosial, penikmat konser tidak perlu datang langsung ke rumah konser.

Konser-konser awal FMR2020 telah berlangsung sejak 22 Maret yang silam, dan puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 21, 22, dan 23 Agustus yang akan datang dengan mengangkat tema Karena Kita Saudara.

“Sebenarnya cukup berat hati mengubah format utama FMR yaitu berkumpul bersama menikmati musik secara langsung di rumah-rumah konser. Namun, kami sadar di kondisi sekarang ini mengambil cara hidup bersama yang saling menghargai dan mengamankan adalah lebih penting”, jelas Petrus Briyanto Adi (Adoy), pencetus dan pengarah FMR.

Dalam tiga hari puncak pelaksanaan FMR2020, konser-konser akan berlangsung dari pukul 10:00 hingga 24:00 WIB setiap harinya. Setiap konser akan berlangsung dalam satu slot waktu berdurasi 1 jam.

Setiap hari akan ada 14 slot, sehingga dalam tiga hari puncak pelaksanaan FMR2020 akan menyajikan 42 konser.

“Dibandingkan dua pelaksanaan FMR lalu (2018 dan 2019) yang jumlah konsernya lebih dari 100 penampilan, FMR2020 hanya akan menampilkan 42 penampilan. Secara kuantitas jelas terjadi penurunan. Semoga intensitas silaturrahmi bisa tetap terjaga atau bahkan lebih erat lagi terjalin di tahun ini,” demikian ungkap Adoy.

Puncak Festival Musik Rumah 2020 dapat dinikmati pada tanggal 21-22-23 Agustus 2020 di kanal daring resmi Festival Musik Rumah yaitu: YouTube Festival Musik Rumah; laman Facebook Festival Musik Rumah; dan Instagram @festivalmusikrumah.id.

Tercatat ada 42 penampil di gelaran puncak Festival Musik Rumah 2020 nanti. Mereka di antaranya adalah Duta Pamungkas (Jakarta), Reda Gaudiamo (Jakarta), Gabriel Mayo (Jakarta), Blueskata (Tawangmangu), Las! (Pontianak), Moonglade (Denpasar), Komunitas Seni Nan Tumpah (Padang Pariaman), dan banyak lagi.

Jadwal lengkap dan para penampil dapat dilihat di laman-laman sosial media FMR2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.