fbpx
Oktober Bulan Peduli Kanker Payudara

Oktober Bulan Peduli Kanker Payudara

Bulan Oktober setiap tahun adalah juga bulan kepedulian terhadap kanker payudara yang diperingati di seluruh dunia.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk membantu meningkatkan perhatian dan dukungan akan kesadaran, deteksi dini, dan pengobatan kanker payudara.

Dalam bulan Oktober ini, sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara, Kultural.id dan kanal sosial media instagram Kultural.Indonesia akan menayangkan konten-konten seputar kampanye deteksi dini dan dukungan terhadap pasien yang sedang berjuang menghadapi kanker payudara.

Bulan peduli kanker payudara diperingati dengan melakukan upaya-upaya penyebaran informasi edukatif mengenai penyakit ini.

Dunia internasional menggunakan simbol berupa pita berwarna pink untuk melambangkan kepedulian terhadap kanker payudara. Hal ini awalnya dicetuskan oleh Yayasan Kanker Payudara milik Susan G. Komen di Amerika Serikat pada tahun 1991.

Pita berwarna pink digunakan sebagai simbol dukungan moral dan solidaritas terhadap para penderita kanker payudara.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker dengan jumlah kasus yang paling tinggi di Indonesia.

Menurut data dari GLOBOCAN 2020, di Indonesia terdapat 65.858 kasus baru kanker payudara, dengan jumlah kematian akibat kanker payudara sebanyak 22.430 kasus.

Tingkat kematian yang tinggi ini terjadi terutama karena sering terjadi pasien terlambat mendapatkan penanganan, datang dalam kondisi yang sudah parah.

Padahal, kemungkinan pasien untuk sembuh dari kanker payudara bisa tiga kali lebih besar jika kanker telah terdeteksi sejak awal.

Pasien yang terdiagnosa dengan kanker pada stadium awal, yaitu stadium satu dan stadium dua, memiliki persentase kemungkinan sembuh sebesar 81 persen.

Deteksi dini dan mengenali gejala sesegera mungkin adalah metode paling ampuh untuk menyelamatkan pasien kanker payudara.

Dengan deteksi dini dan pengobatan secepatnya, selalu ada harapan kesembuhan yang lebih besar bagi pasien kanker payudara.

Dan, dukungan moral untuk para pasien dan keluarga juga adalah hal yang sangat penting.

Lovepink Indonesia

Lovepink Indonesia adalah salah satu organisasi yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dan pendampingan bagi pasien dengan kanker payudara.

Lovepink bergerak dengan basis komunitas penyintas yang bekerja secara sukarela untuk mendukung visi dan misi organisasi ini.

Seluruh kegiatan berpusat di Lovepink Care Center yang juga menjadi sarana untuk beraktivitas bagi para perempuan dengan kanker payudara dengan melakukan berbagai kegiatan.

Dengan visi untuk membantu mewujudkan dunia yang bebas dari kanker payudara stadium lanjut, Lovepink melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan kesadaran dan menghilangkan stigma seputar kanker payudara.

Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan-kegiatan sosialisasi seputar tanda-tanda dan pengobatan kanker payudara, berikut pentingnya deteksi dini dan skrining payudara secara berkala.

Selain itu Lovepink juga melakukan upaya-upaya dalam memberikan dukungan moral bagi para pasien kanker payudara dan keluarganya.

Setiap orang dengan kanker payudara layak mendapatkan perawatan terbaik yang bisa didapatkan. Menemukan penyedia layanan kesehatan yang bagus dan rumah sakit berkualitas membantu memastikan anda mendapatkan layanan prima dan juga memberikan ketenangan pikiran.

Harapan selalu ada. Bersama-sama, kita bisa menggalang kesadaran akan pentingnya deteksi dini dan sikap tanggap segera terhadap kanker payudara. Bersama-sama, kita bisa mewujudkan menuju tahun 2030 yang bebas kanker payudara stadium lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.